Persiapan Sebelum Umroh

Umroh jadi ibadah yang diimpikan setiap umat muslim di dunia. Pasalnya setiap langkah yang diambil di tanah suci bisa diibaratkan pengampunan dosa-dosa kita. Sebagai manusia yang hanya bisa menghindari dosa sebisanya, bisa beribadah umroh adalah harapan semua orang. Agar ibadah berlangsung dengan lancar, perlu mengetahui berbagai persiapan sebelum umroh serta mengetahui ciri travel umroh yang terbaik.



Mencari rekomendasi travel umroh terbaik bisa jadi gampang-gampang susah, mengingat semakin majunya dunia informasi. Bahkan dengan ponsel pintar di dalam genggaman, sangat mudah untuk berselancar mencari beragam infomasi yang diperlukan. 

Salah satu rekomendasi travel umroh terbaik adalah Mabruk Tour. Travel yang satu ini sudah berpengalaman dan punya branding berupa fasilitas hotel bintang 5 di dekat masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tentu saja sudah mengantongi penghargaan sebagai Biro Perjalanan wisata tersertifikasi oleh Badan Akreditasi Nasional. 

Sobat Susindra yang punya rencana akan berangkat umroh dapat memilih Mabruk Tour, lho.


Ciri travel umroh yang terbaik

Salah satu persiapan sebelum berangkat umroh yang paling pertama adalah memilih cara berangkatnya. Lebih spsifiknya adalah memilih travel yang terpercaya. 

Ciri travel umroh yang terbaik



Mencari rekomendasi travel yang baik dapat dilakukan dengan mengamati beberapa tawaran yang diberikan, misalnya:

1. Waktu keberangkatan yang fleksibel.

Saat memilih rekomendasi travel umroh, memastikan agen perjalanan punya jadwal fleksibel atau setiap bulan membuka perjalanan umroh bisa jadi indikasi bagusnya kualitas travel umroh. 


2. Pastikan travel umroh berizin Kemenag

Travel umroh wajib mengantongi izin resmi yang terdaftar di Kementerian Agama. Hal ini perlu dipastikan dengan baik. Izin resmi dibutuhkan untuk menghindari risiko penipuan atau masalah lainnya. Izin travel umroh dapat dilihat di website Kemenag atau melalui aplikasi SIMPU.

Dalam hal ini, Mabruk Tour meraih penghargaan sebagai Biro Perjalanan wisata tersertifikasi oleh Badan Akreditasi Nasional dengan 10 Tour Leader Tersertifikasi nasional. 


3. Fasilitas dan layanan umroh

Dalam memilih travel umroh, mengetahui fasilitas dan layanan merupakan awal yang harus diketahui. Mengetahui transportasi, akomodasi, konsumsi, visa, dan lainnya dapat memberi rasa aman dan kepercayaan diri bahwa ibadah umroh telah siap dilaksanakan. Persiapan yang ini penting dilakukan agar tidak terjerat penipuan.

Fasilitas dan layanan menjadi ciri khas travel umroh. Misalnya Mabruk Tour punya ciri khas berupa fasilitas dan layanan umroh yang terbaik. Dalam tiap paket tercantum jelas fasilitas yang ditawarkan.

Oh ya, biasanya harga paket sudah termasuk semua yang saya sebutkan di atas plus biaya bimbingan ibadah, dan beberapa perlengkapan umroh.

Ciri travel umroh yang terbaik



4. Transparansi detail tiket pesawat, jadwal penerbangan, dan akomodasi lainnya

Akan berangkat ke Saudi Arabia, negeri yang sangat jauh di sana, maka memastikan ada detail tiket keberangkatan dan kepulangan serta akomodasi merupakan hal yang wajib diketahui. Tentu saja agar punya kepastian keberangkatan. Mengetahui data tersebut merupakan hak calon jemaah haji. 


Setelah memiliki rekomendasi travel umroh terbaik dan memastikan memilihnya, maka yang dilakukan setelahnya adalah memastikan kapan berangkat dan melakukan berbagai persiapan yang diperlukan.


Persiapan sebelum umroh

Umroh merupakan ibadah yang dianjurkan. Tidak wajib seperti haji. Namun selalu bisa jadi pilihan mengingat waktu/antrian haji yang amat sangat panjang. Baiknya, ibadah ini dapat dilakukan kapan saja, tidak terikat dengan musim haji. 

Agar ibadah umroh berjalan lancar, ada beberapa persiapan khusus yang wajib dilakukan, yaitu:

1. Siapkan dokumen yang diperlukan

Paspor, visa umroh, bukti vaksin, tiket pesawat dan KTP adalah dokumen yang diperlukan. Sangat penting untuk memastikan semua dokumen tersebut ada, berstatus aktif, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semua itu demi kelancaran jamaah saat proses pemeriksaan oleh tim imigrasi bandara. 

Persiapkan semua dokumen di atas dengan baik dan lengkap karena kehilangan atau ketidaklengkapan dokumen dapat menghambat perjalanan umroh dan bahkan mungkin membatalkan keberangkatan umroh.


2. Pelajari tata cara umroh

Bagaimana cara berihram, tawaf, sa'i dan tahalul dan lain-lain harus diketahui karena merupakan tata cara umroh. Ada berbagai cara untuk mempelajarinya, misalnya melalui buku, video atau mengikuti kursus umroh. Mengetahui tata cara umroh akan membantu persiapan umroh lebih matang.


3. Jaga tubuh selalu sehat

Pemeriksaan kesehatan secara lengkap merupakan salah satu bentuk ikhtiar agar persiapan sampai umroh selesai dapat berjalan dengan lancar. Ada pula vaksinasi yang harus dilakukan. Penting juga untuk membawa serta obat-obatan pribadi yang mungkin akan diperlukan nantinya. 

Beberapa minggu sebelum berangkat, biasakan untuk berolahraga setiap hari. Olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau senam dapat dilakukan secara teratur selama 30 menit setiap hari menjelang keberangkatan umroh bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.




4. Bawa pakaian seperlunya

Mengetahui musim yang sedang berlangsung di Mekah dan Madinah merupakan hal penting yang harus dilakukan. Dengan demikian, jamaah dapat menyiapkan pakaian yang tepat selama ibadah umroh. Palaian umroh juga memiliki aturan khusus. Jadi selain menyiapkan pakaian sesuai musim, membawa baju ihram yang sesuai juga perlu diperhatikan. 


5. Memilih akomodasi yang sesuai kebutuhan

da banyak pilihan akomodasi di Makkah dan Madinah, mulai dari hotel mewah hingga penginapan yang lebih sederhana. Di antara semuanya adalah memilih hotel berbintang 5 yang dekat dengan tempat beribadah. Di sinilah kita perlu jeli memilih paket wisata yang ditawarkan oleh travel umroh terbaik seperti Mabruk Tour.


6. Siapkan dana/uang riyal yang cukup

Mata uang yang digunakan di Arab Saudi adalah Riyal. Jadi sebaiknya siapkan uang riyal sesuai perkiraan kebutuhan. Uang dapat ditukar di money changer atau menukarnya langsung di Arab Saudi.


7. Banyakin berdoa dan bermunajat

Persiapan penting lainnya sebelum menjadi tamunya Allah di Baitullah adalah menambah jumlah doa dan munajat. Berdoa agar semua rangkaian ibadah umroh dapat dilakukan dengan lancar dan benar, sehingga diterima oleh Allah Swt. 




8. Perbanyak silaturahmi dan meminta maaf

Memperbanyak silaturahmi dan meminta maaf adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat akan berangkat umroh. Meskipun secara tradisi, biasanya masyarakat yang melakukan silaturahmi sebelum keberangkatan dan setelah kepulangan. Tradisi yang satu ini memang cukup melenakan, namun harus diingat bahwa pihak yang akan berangkat inadah umroh punya kewajiban lebih besar untuk melakukan silaturahmi dan aktif meminta maaf secara tulus. Ini merupakan salah satu adab sebelum umroh.


8 tips persiapan sebelum umroh di atas perlu diperhatikan dan dipenuhi kelengkapannya karena akan dapat mendukung kelancaran saat beribadah di Mekah dan Madinah nantinya.



6 Komentar

  1. Artikel yang lengkap tentang persiapan umroh. Memang perhatikan banget sebelum keberangkatan, karena salah-salah bukannya ibadah dengan khusuk malah nanti penuh kekecewaan ya. Semoga teman-teman yang akan pergi umroh, terbantu dengan artikel ini

    BalasHapus
  2. masyaallah mba kalo terkait umroh atau haji boleh ya aku iri, semoga aku sekeluarga dimudahkan untuk menjalani ibadah tersebut aamiin

    BalasHapus
  3. Umroh adalah salah satu list yang ingin bangetttt Allah kabulkan buatku dan keluarga tahun ini. Pas baca ini jadi merasa kok cocok banget artikelnya dan berharap ini jadi salah satu doa yang diaminkan.

    BalasHapus
  4. Sekarang ini memang harus hati2 banget milih travel umroh dan haji yang terpercaya. Travel yang bagus itu yang benar2 perhatikan calon jemaahnya sampai ke hal yang mendetil. Semoga kita semua dimampukan untuk berangkat umroh & haji ya

    BalasHapus
  5. Terima kasih sharingnya. Semoga kami dimampukan untuk mengunjungi baitullah.

    BalasHapus
  6. Wah tipsnya lengkap banget mba untuk persiapan berangkat umroh. Apalagi untuk pemilihan travel umroh dan haji memang harus teliti ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)