Merawat Motor Seperti Sahabat

Motor adalah sahabat yang siap dibawa ke mana saja. Anti macet dan bisa sat-set ke mana saja. Andalannya para macan ternak alias emak cantik anter anak. Lebih fit di mana saja daripada stang bunder.

Merawat Motor Seperti Sahabat


Siapa nih yang setuju dengan saya? Wah, kita setipe, nih. Memang ada yang akan jawab lebih mengandalkan mobil, pastinya.

Saya pribadi sih sama nyamannya, dan bisa pilih yang mana saja sesuai kebutuhan. Kita sendiri yang tahu mana yang paling cocok. 

Motor juga perlu dirawat lho, agar tetap awet. Agar selalu wush-wush-wush di jalan. Setahu saya sih ada 8 bagian motor yang wajib dipastikan 'kesehatannya' agar tunggangan kita itu selalu dalam kondisi prima.

Kebetulan saya sedang pengen jalan-jalan ke Desa Tempur Jepara yang berada di kaldera Gunung Muria. Tanjakannya yahud tapi pemandangannya sangat gudd

Masih bujuk-bujuk suami, sih, karena terakhir kami 'naik gunung' dengan motor adalah tanggal 2 Desember 2022 lalu, ke Desa Japan di Kudus. Sambil menunggu jawaban, yuk sobat Susindra, baca artikel saya tentang perawatan motor ini.


Servis Motor, mengapa?

Servis motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Saya tidak spesifik menyebut angka karena pengecekan berkala memiliki rentang waktu yang sedikit berbeda antar jaraknya. Cek buku panduan motormu, ya, pasti ada.

Ada pakem sendiri, lho, tentang bagian yang harus dicek saat servis motor. Pastikan ini dilakukan di bengkel kesayanganmu. Apa saja? Memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.

Banyak, ya. Agar lebih jelas, selesaikan membaca, ya. Penting. lho. 


Cek 8 bagian ini saat servis motormu

Langsung saja, ya. ada delapan bagian yang wajib dicek secara berkala, dan pastikan bengkel kesayanganmu melakukannya. Kalau perlu bikin ceklis. "Ojo pasrah bongkokan," kata orang Jepara. Artinya, jangan pasrah sepenuhnya.

 

1. Oli Mesin

Oli mesin banyak fungsinya. Minimal ada tiga, yaitu sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Tugas mahapenting gini tak boleh diabaikan. Pastikan kamu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Pasti tahu dong kalau rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km.

Biaya ganti oli di bengkel biasanya meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

oli 5000 km


Ada kemajuan di bidang perolian, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km. Artinya, dua kali lebih lama dari oli biasa.  Teknologi ester membuatnya mungkin. Jadi tidak salah kalo retailer tersebut mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli


2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Pastikan kamu melakukannya dengan benar agar sahabatmu selalu awet menemani ke mana saja.


3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.


4. Kampas Rem

Kampas rem penting untuk memastikan keamanan dan keselamatan saat berkendara, makanya sistem pengereman sangat perlu diperhatikan. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan servis motor.


5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.




6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.


7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.


8. Tune up Motor Rutin

Servis motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Saat tune up, mungkin mekanik akan merekomendasikan sekalian ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tentu saja sesuai dengan kondisi kendaranmu. Jika disetujui, barulah tindakan dilakukan. Jadi tenang saja, semuanya tetap dalam kontrolmu. 


Memilih bengkel servis motor terbaik

Panting sekali untuk mendapatkan servis yang bagus. Malahan ada yang memberikan jasa servis mesin rasa baru. Makanya, kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. 

Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan ada Planet Ban, karena bisa memberikan servis motor rasa mesin baru. Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.


Manfaat melakukan servis di Planet Ban? 

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak). Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng. 



Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat. Oli motor matic juga sudah ada.

Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Beda servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain.

Planet Ban jadi pilihan pasti saat servis daripada di tempat lain. Mengapa? Karena takkan ada kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Tak ada lagi cerita menemukan kotoran dan debu di blok CVT, yang bisa membuat motor jadi terasa berat.

Pasalnya, servis motor di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, ... semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Coba ingat, di mana pernah menemukan tempat servis motor sebagus dan seteliti ini? Servis motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan mesin jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, menjadi lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Sebagus itu pasti mahal.... Enggak, dong. Harga servis motor di Planet Ban sangat terjangkau. Tidak mahal pastinya. Contohnya, nih, untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body juga cuma Rp20.000,-

Hemat banget, kan... dan cabangnya sudah ada di mana-mana. Pasti ada di dekat rumahmu.


Kalau sudah tahu manfaat rutin mengecek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis, sudah tahu perkiraan budgetnya, dan sudah menemukan tempatnya..... Ayo buruan servis motor di ke Planet Ban. Ada layanan terbaik untuk servis motor rasa baru untuk kita semua.




25 Komentar

  1. Dekat rumahku juga ada bengkel Planet Ban mbak. Biaya perawatan dan perbaikan motor di sana lumayan miring yaa, tapi kualitasnya bagus.
    Emang yang namanya kendaraan kudu sering dicek supaya awet dan bandel terus mesinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berarti planet ban ini cabangnya udah meluas ya kak April, sehingga mudah ditemukan di mana aja, dan makin semangat nih buat merawat motor

      Hapus
  2. Merawat motor seperti merawat sahabat setia. Rutin perawatan, perhatian ekstra, dan selalu siap menjelajahi petualangan bersama.

    BalasHapus
  3. Punya motor serasa kaki-kaki menjadi lebih kuat dan panjang dalam melangkah.
    Jadi perawatannya pun kudu maksimal, gitu yaa.. ka Susi. Aku baru tau banget di sekitaran aku sekarang uda mulai mudah dijangkau kalau mau service motor di Planet Ban. Sungguh memudahkan dan harga service-nya pun terjangkau sekali.

    BalasHapus
  4. Dengan merawat motor secara berkala selain mesin terawat, jalannya motor pun jadi lancar dan mesin awet dipakainya ya kak

    BalasHapus
  5. Untung ada planet ban ya mbak jadi bisa service motor dengan mudah. Sering banget kalau cewek tuh dapat stigma gak bisa ngerawat motor sampai dikatain olinya pasti kering karena lbh milih beli seblak.

    BalasHapus
  6. Punya motor memang harusnya menganggap sebagai sohib, jadi akan senantiasa dijaga dengan baik. Apalagi osla perawatan ini kan, jangan sampe hanya bisa bawa tapi gak paham merawatnya ya

    BalasHapus
  7. Masyaallah murahnyaa biaya service di Planet Ban.
    Sayang ngga ada di Medan, ya..
    Kapan nih Planet Ban invansi ke Medan?

    BalasHapus
  8. Yang namanya mesin pasti punya masa ausnya ya Mbak. Apalagi jika sering digunakan. Otomatis butuh perawatan agar tetap bisa bekerja semaksimal mungkin. Jika sudah terawat dengan baik, kita pun akan merasakan kenyamanan dalam menggunakannya.

    BalasHapus
  9. Untuk pemakaian di jalanan kota aja motor perlu perawatan rutin, apalagi kalau diajak naik gunung. Wajib bangetttt biar aman terkendali di perjalanan.

    BalasHapus
  10. Kebiasaan anakkku kalo pulang ke Bandung nih
    Dia bakal langsung ke garasi dan bawa sepeda motor ke Planet Ban
    Karena saya mah gaptek soal pemeliharaan motor

    BalasHapus
  11. Bener banget mba, motor emang perlu dicek berkala biar tetep wush wush anti mogok kalau berkendara. Wah ternyata rumus ganti oli gardan tuh 2 kali ganti oli mesin dibarengi 1 kali ganti oli gardan ya. Noted banget

    BalasHapus
  12. Servis di Plane Ban? Kenapa tidak, karena saya pribadi beberapa kali udah coba servis di sana sih mbak. Cepet dan banyak montirnya yang handal.

    BalasHapus
  13. Pokoknya angkat semua jempol deh untuk bengkel pilihan terbaik apalagi untuk trus merawat motor matic personal kita setidaknya harus lebih concern dengan kemampuan dasar2 kita saat ini

    BalasHapus
  14. penting banget buat kita rutin merawat motor. aku minimal 2 bulan sih buat ganti oli dan cek-cek jangan sampai ada yang rusak.

    BalasHapus
  15. Motor yang dipakai sehari-hari sempat harus masuk bengkel. Karena sempat lalai untuk dirawat. Memang jadi agak mengganggu aktivitas. Makanya jadi pelajaran, deh. Sekarang harus terus dirawat.

    BalasHapus
  16. Motor layaknya sahabat, menemani aktivitas kita sehari-hari ya mbak
    Wajar klo harus dirawat layaknua sahabat juga

    BalasHapus
  17. Motor selalu jadi andalan ya, kak Susi.
    Akupun merasa bahagia karena kalau pakai motor tuh bisa satset. Paling bete kalo motor uda gaenak tarikannya. Ya salah juga siih, soalnya saling mengandalkan servis sama suami. Kudunya gercep bisa servis mandiri di Planet Ban. Di Bandung uda banyak juga nih cabangnya.

    BalasHapus
  18. Sering wara wiri lewatin Planet Ban malah baru tau bisa service perawatan mesin juga ya, soalnya biasa service di tempat biasa. Suamiku nih merawat motor udah kaya bestie, selalu rutin

    BalasHapus
  19. Planet Ban mudah ditemukan kalau di Surabaya, jadi buat para perempuan nggak ada alasan untuk nggak cek motornya. Karena service di Planet Ban ternyata sangat memudahkan loh. Demi keberlangsungan motor kita hehe, biar awet.

    BalasHapus
  20. Motor memang layaknya sahabat ya, Mbak. Selalu menemani kita kemanapun mau pergi. Jadi sudah sepantasnya diservis di tempat terbaik seperti sahabat 😅

    BalasHapus
  21. Nah, kalau rajin dirawat gini..motor pun jadi lebih awet dan nyaman dikendarai. Pastinya sekarang gak sulit sih karena Planet Ban sudah mudah ditemukan di mana saja.

    BalasHapus
  22. Kalau di tempat tinggalku wajib banget servis rutin motor. Paling sering ya ganti oli, rem. Ganti ban juga nih, cepet gundul karena medan jalanan yang naik turun berkelok cantik.

    BalasHapus
  23. Bener banget, sebagai cewe perlu tau mana service motor yang oke punya. Planet Ban juga ada di kotaku dan service menurutku terbaik sih

    BalasHapus
  24. Jadi ingettt motor belum ganti oli, suaranya udah beraaat pol kaya hidup. Eh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)