10 Strategi Ampuh Tingkatkan Omset Usaha Fotocopy

Usaha fotocopy merupakan bisnis sangat dibutuhkan, terutama di daerah dekat perkantoran dan lembaga pendidikan. Pasalnya, kedua institusi tersebut kerap membutuhkan salinan dokumen untuk disimpan sebagai arsip administrasi. 

10 Strategi Ampuh Tingkatkan Omset Usaha Fotocopy


Usaha fotocopy memiliki potensi keuntungan yang lumayan, untuk itu dibutuhkan cara mempromosikan usaha fotocopy yang menarik minat pelanggan agar usaha Anda semakin maju dan berkembang. Anda bisa menggunakan strategi promosi secara offline dan online. Anda bahkan bisa memiliki website sendiri untuk tujuan promosi usaha fotocopy.

Website memang sudah menjadi bagian yang sulit dilepas dari kegiatan promosi atau pengenalan usaha. Seperti blog susindra ini yang juga memiliki fungsi yang sama. Penasaran, kan? Simak terus penjelasan yang disampaikan dalam artikel ini.


Strategi Ampuh Tingkatkan Omset Usaha Fotocopy

Usaha fotocopy tidak bisa dipandang remeh, sekalipun bisa dibilang usaha ini termasuk jenis usaha rumahan. Pasalnya, usaha fotocopy juga mendatangkan keuntungan yang lumayan. Terutama jika Anda mengetahui cara mempromosikan usaha fotocopy dengan efektif dan tepat sasaran. Target pasar usaha ini sangat besar, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan lainnya. 

Berikut ini beberapa tips pemasaran yang bisa Anda terapkan agar usaha fotocopy berkembang lebih baik dan meraih keuntungan yang Anda inginkan.


Layanan Pelanggan 

Salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis apapun, termasuk usaha fotocopy, adalah layanan pelanggan yang unggul. Pastikan Anda dan karyawan melayani pelanggan yang datang dengan ramah, membantu, dan dapat memberikan informasi tentang layanan yang Anda tawarkan. Jika pelanggan merasa dihargai dan dilayani dengan baik, maka cenderung kembali lagi dan merekomendasikan usaha Anda pada orang lain.


Kecepatan dan Kualitas

Tawarkan cetakan dengan kualitas tinggi dan layanan yang cepat. Orang sering mencari fotokopi yang jelas dan berkualitas tinggi, terutama untuk dokumen penting. Pastikan peralatan fotocopy Anda dalam kondisi baik dan perangkat lunaknya terbaru untuk memastikan kualitas cetakan yang memuaskan.


Harga yang Kompetitif

Lakukan riset terhadap harga yang ditawarkan oleh usaha sejenis yang berada di dekat tempat usaha fotocopy Anda. Pastikan Anda menawarkan harga yang kompetitif dan tidak memiliki rentang harga yang terlalu jauh. 

Anda juga dapat mempertimbangkan program diskon untuk pelanggan yang sering datang atau program loyalitas.


Gambar mesin fotokopi


Tawarkan Layanan Tambahan

Selain fotokopi, pertimbangkan untuk menawarkan layanan tambahan seperti laminating, percetakan atau penjilidan buku, pemindaian dokumen, hingga penyediaan ragam alat tulis kantor. Layanan tambahan akan menarik pelanggan dengan kebutuhan yang lebih beragam.


Promosikan Keunggulan Anda

Tentukan keunggulan usaha fotocopy Anda dan promosikan secara aktif. Apakah Anda memiliki peralatan terbaru? Apakah Anda spesialis dalam cetakan berwarna? Temukan apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda dan komunikasikan keunggulan ini kepada pelanggan potensial. Anda bisa mengomunikasikan hal ini secara verbal, fisik berupa spanduk atau banner, dan melalui online.


Gunakan Media Sosial

Manfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan usaha fotocopy Anda. Buat akun di platform seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn. Posting secara teratur tentang layanan, promo, atau testimoni pelanggan akan membantu Anda meningkatkan eksposur online.


Gunakan Website yang Informatif

Buat website yang informatif dan user-friendly. Pastikan semua informasi yang diperlukan oleh pelanggan, seperti jam operasional, alamat, harga, dan layanan yang ditawarkan, tercantum dengan jelas. Website yang baik akan membantu calon pelanggan menemukan Anda secara online.


Program Afiliasi dan Kemitraan

Buat kemitraan dengan bisnis atau instansi lokal lainnya, seperti perkantoran atau sekolah, yang mungkin membutuhkan jasa fotokopi secara reguler. Anda juga dapat mempertimbangkan program afiliasi dengan toko-toko buku atau bisnis terkait lainnya.


Promosi Melalui Email

Kumpulkan daftar email pelanggan dan gunakan email marketing untuk mengirimkan informasi tentang promo, diskon, atau layanan terbaru. Email adalah cara efektif untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda.


Program Reward Pelanggan

Buat program reward pelanggan yang memberikan insentif kepada pelanggan yang setia. Program ini dapat berupa diskon khusus, layanan gratis setelah sejumlah kunjungan, atau penawaran eksklusif lainnya.


Tingkatkan Omset Usaha Fotocopy melalui Website

Usaha fotocopy juga bisa memanfaatkan website sebagai strategi promosi digital. Cara mempromosikan usaha fotocopy melalui website, membuka pintu digital pada peluang besar agar usaha Anda lebih dikenal dan diakses banyak orang. 


Gambar mesin fotokopi


Melalui website, Anda bisa berpromosi secara mandiri dan tidak perlu bergantung pada media online atau platform lain untuk berpromosi. Dengan demikian, Anda meminimalisir risiko jika platform tempat Anda berpromosi ditutup atau diblokir pemerintah, seperti yang terjadi baru-baru ini pada salah satu media sosial dengan jaringan penjualan online yang sangat besar.

Membuat website bisa dengan mudah Anda lakukan. Anda bisa membuatnya sendiri atau meminta bantuan dari ahli yang khusus menangani website. Selanjutnya, anda wajib mengisi halaman website dengan konten berupa promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan, yaitu usaha fotocopy dengan semua keunggulannya. 

Masukkan juga alamat tempat usaha Anda dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan fitur chatbot agar calon customer bisa berkomunikasi secara online dengan admin untuk mendapatkan informasi layanan yang Anda sediakan. 

Dilansir dari situs seedbacklink, platform marketing terpercaya, banyak cara agar website usaha fotocopy Anda bisa lebih mudah dikenal. Salah satunya adalah dengan menggunakan backlink sehingga website Anda lebih mudah terbaca dan tampil pada mesin pencarian di Google. 

Dengan menggunakan backlink, Anda meningkatkan popularitas dan menaikkan ranking website dari referensi yang diberikan website lain. Hal ini akan menaikkan jumlah kunjungan ke website Anda dan pada akhirnya juga akan meningkatkan pembelian atau penggunaan jasa yang Anda tawarkan.

Promosi website harus dilakukan secara terus menerus melalui referensi dari website lainnya yang berbeda-beda. Tujuannya agar mesin pencari melihat website Anda sangat populer dari banyaknya kunjungan dan referensi atau review yang diberikan. Anda bisa mencari blog atau website yang bisa diajak bekerja sama, atau lebih mudah lagi menggunakan jasa jual beli backlink seperti layanan yang tersedia di seedbacklink.

Melalui jasa backlink, Anda tidak perlu repot menghubungi blog atau website lain. Anda bahkan bisa mendapatkan jangkauan promosi website dengan coverage media nasional via seedbacklink secara mudah. Di saat yang bersamaan, Anda bisa menghemat waktu promosi website dan menggunakannya untuk lebih fokus pada urusan usaha fotocopy yang lebih penting.

Yuk, segera kunjungi seedbacklink dan promosikan website usaha fotocopy Anda sekarang juga!

8 Komentar

  1. Wah iya nih kak, promosi itu merupakan strategi penting dalam menjalankan sebuah usaha. Di era digital teknologi ini kita makin dimudahkan untuk melakukan promosi. Soalnya bisa menggunakan internet buat promosi. Mudah, praktis dan jangkauannya luas

    BalasHapus
  2. Punya usaha tentu harus promosi ya mbak. Kalau nunggu dipromosikan kapan berkembangnya ya nggak?? Terus juga sekarang ada banyak situs yang bantu promosikan usaha kaya seedbacklink. ❤️❤️

    BalasHapus
  3. wah promosi via seedbacklink ternyata juga bisa ya. saat ini banyak cara untuk melakukan promosi, salah satunya digital marketing ya

    BalasHapus
  4. Memiliki website sendiri untuk promosi barang/jasa memang paling aman karena tidak bergantung ke platform lain. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi pada sebuah social media ke depannya. Seperti yang terjadi belum lama ini, pemerintah melarang jual beli di sebuah socmed viral. Nggak kebayang, ya, kalau kita sudah telanjur mengeluarkan dana di sana untuk promosi. Lebih baik memang punya website sendiri dan melakukan optimasi. Seperti yang disebutkan artikel ini, baclink bisa menjadi salah satu cara akurat untuk meningkatkan posisi web di mesin pencarian.

    BalasHapus
  5. Website sebuah usaha tuh sekarang memang butuh banget jasa backlink biar mudah dicari oleh calon konsumen. Apalagi bisa mencapai page one google, suatu kebanggaan banget. Seedbacklink salah satu jasa backlink yang paling top buat promoin website

    BalasHapus
  6. Untuk pelaku usaha photocopy yang mau cepat berkembang pesat capai profit wajib baca tips ini sih. Sangat lengkap dan bisa diterapkan bersama tim yang ada. Terutama pentingnya memiliki web sendiri guna mempromosikan usaha tersebut dengan menggunakan jasa backlink dari Seedbacklink yang sudah terpercaya.

    BalasHapus
  7. Aku punya usaha fotokopian. Bener banget, fotokopi tuh emang hampir nggak bisa berdiri sendiri, musti dilengkapi dengan pelayanan lain seperti jilid, laminating, jasa print dokumen dan foto, juga alat tulis kantor yang lengkap.

    BalasHapus
  8. Kalo usaha kuliner kayaknya butuh backlink juga ya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)